Random Posts

Recent
recent

Oh Yerusalem Kota Mulia, Hatiku Rindu Ke Sana


Israel baru saja membuka kembali akses masuk bagi turis dari Indonesia. Sebelumnya Pemerintah Israel menutup akses untuk Turis Indonesia, tepatnya pada tanggal 9 Juni 2018 dan mengakibatkan turis dari Indonesia tidak bisa melakukan Ziarah ke Israel

Untungnya hal ini tidak berlangsung lama, pada tanggal 27 Juni 2018, akhirnya  Pemerintah Israel akhirnya mengijinkan kembali turis Indonesia untuk masuk, seperti surat di bawah ini :


Akhirnya Turis Indonesia bisa masuk Israel

Tentunya itu menjadi kabar gembira bagi kita semua, terutama yang berharap dan menanti-nantikan untuk bisa menginjak Tanah Perjanjian.
Kita tidak tahu kebijaksanaan Negara Israel, apakah ada kemungkinan ditutup kembali akses masuk untuk Orang Indonesia secara mendadak, namun saat ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bisa segera dimanfaatkan untuk berangkat ke Tanah Perjanjian.



Tanggal Berangkat : 10-21 Nov 2018. Berangkat dari Jakarta

Perjalanan di mulai dari Jakarta menuju Abu Dhabi - Cairo, dan di sinilah kita bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Mesir, dan juga melihat mujizat Gunung Batu Berpindah Tempat dan makan malam spesial di Nile Cruise Dinner

Perjalanan selanjutnya adalah ke Tanah Perjanjian Israel, berbagai lokasi spesial bisa kita kunjungi. Dan yang membuat perjalanan semakin spesial dikarenakan Local Guide di Tanah Perjanjian adalah Seorang asli dari Israel bernama Ev. Ramzi Azar. Beliau adalah Specialized Bibilical Guide dan  Penulis Buku "Revelation Code of Jerusalem" dan beliau bisa berbahasa Indonesia. Sehingga ini akan sangat memudahkan berkomunikasi dan mendengar penjelasannya saat bible study selama perjalanan di Tanah Perjanjian.

Lokasi yang dikunjungi selama di Israel :
1. Pembaptisan di Sungai Yordan
Pintu Masuk Sungai Yordan

Ini adalah pintu masuk Sungai Yordan yang sangat terkenal itu. Orang yang kesini banyak yang bertujuan untuk dibaptis atau rededikasi bagi yang sudah pernah dibaptis. Turis dari berbagai negara pasti datang ke tempat ini untuk dibaptis.
Pembaptisan di Sungai Yordan

Dan uniknya di dinding bangunan yang ada di  Sungai Yordan, terdapat Ayat Firman Tuhan dari Markus 1:9-11 yaitu saat Yesus dibaptis  dengan berbagai bahasa di dunia. Istri saya mengambil background ayat dengan Bahasa Betawi, karena kebetulan dia kelahiran dari Jakarta.

Ayat Firman Tuhan dengan berbagai bahasa

2. Gereja Kana
Di sinilah tempat mukjizat pertama yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, yaitu mengubah air menjadi anggur di Pesta Perkawinan di Kana.

Itu sebabnya bagi pasangan suami istri yang datang ke tempat ini, bisa melakukan yang namanya Pembaharuan Janji Nikah, seperti yang kami lakukan saat datang ke tempat ini. Ini menjadi suatu momentum yang luar biasa.

Suatu pengalalaman rohani yang sangat luar biasa bagi yang bisa datang bersama pasangannya ke Gereja Kana dan sekaligus mengikuti Pembaharuan Janji Nikah. Sertifikat Pembaharuan Janji Nikah disediakan oleh Gereja Kana dengan biaya tertentu.

3.  Sumur Yakub
Salah satu lokasi yang sangat luar biasa selama kami mengunjungi Tanah Perjanjian ini adalah di tempat ini yaitu di Sumur Yakub. Salah satu pendiri gereja ini adalah romo yang foto bersama  dengan kami di foto di bawah ini. Beliau membangun gereja ini dengan biaya sendiri. 

Tempat ini seperti yang tertulis di Alkitab di Yohanes 4:6-7 Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas. Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Kata Yesus kepadanya: "Berilah Aku minum." 

Bersama Pendiri Gereja di Sumur Yakub


Di depan Gereja Sumur Yakub

Ini adalah salah satu oleh-oleh yang dibeli di lokasi Sumur Yakub. Jadi jika datang ke tempat ini, tidak perlu memberikan sumbangan untuk gereja di sini,  cukup dengan membeli souvenir yang dijual di tempat ini sebagai dukungan untuk pemeliharaan gereja dan Sumur Yakub di tempat ini.



Video Sumur Yakub bisa disaksikan di sini :


4.  Mount Precipice
Mount Precipice ini terletak di Nazareth. Ini adalah lokasi di mana Yesus Kristus ditolak dan mau dibuang di tepi tebing seperti yang tertulis di Lukas 4:16-30.

Dari puncak Mount Precipice ini, kita bisa menyaksikan Lembah Yosafat seperti foto di bawah ini :
Lembah Yosafat
Dari lokasi ini, kita bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya. 
View dari Mount Precipice

Videonya bisa disaksikan di bawah ini :


5. Gereja Transfigurasi ( Church of Transfiguration ) di Gunung Tabor
Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi, yaitu yang dikenal dengan Gunung Tabor.

Di depan Church of Transfiguration di Gunung Tabor

Di lokasi ini lah tempat murid-murid Tuhan Yesus melihat Musa dan Elia seperti yang tertulis di Matius 17:2-3 
"Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia."

Bible study selama di Tanah Perjanjian

Setiap tempat yang dikunjungi selalu mendapatkan pendalaman Alkitab yang sangat lengkap dari guide langsung asli orang Israel yang pandai Bahasa Indonesia, termasuk saat ada di Gunung Tabor.

Kondisi Gereja Transfigurasi bisa disaksikan di sini

6. Tembok Ratapan
Salah satu tempat yang dikunjungi selama perjalanan rohani ke tanah perjanjian adalah Tembok Ratapan.
Ketika Bait Suci Herodes dihancurkan Romawi pada 70 M, hanya tembok luar bagian barat yang tersisa. Disebut Tembok Ratapan karena selama lebih dari 1900 tahun, orang-orang Yahudi berdoa di Tembok Ratapan ini untuk menangisi kehancurannya dan dibangunnya kembali Bait Tuhan mereka. Inilah adala tempat umat Yahudi yang paling suci dan menjadi tradisi Nasional

Selain Tembok Ratapan, kita juga bisa sekaligus mengunjungi Gerbang Timur yang  terkenal dengan Golden Gate dan juga Masjid Al Aqsa.


7.  Gunung Nebo, Musa diperlihatkan Tanah Perjanjian
Gunung Nebo menjadi salah satu tempat yang sangat luat biasa, karena disinilah tempat Musa diperlihatkan Tanah Perjanjian oleh Tuhan, namun dia sendiri tidak masuk ke Tanah Perjanjian.
Di sini juga ada terdapat replika tongkat Musa

Gunung Nebo sendiri berada di wilayah Yordania, artinya jika sudah ke sini, berarti sudah keluar dari Negara Israel. Dari Puncak Gunung Nebo ini, kita juga bisa menyaksikan pemandangan yang sangat mengagumkan seperti terlihat di video ini :



8.  Petra Yordania
Salah satu lokasi yang juga akan dikunjungi di Yordania adalah Petra Yordania. Ini merupakan salah satu World Heritage Site. Ini juga menjadi salah lokasi pembuatan film Transformer 2.
Petra menampilan bebatuan berwarna merah dan berbagai bentuk garisan-garisan alami menambah keindahan tempat ini.

Petra Yordania

Petra, World Heritage Site
Bangunan dari bebatuan di Petra Yordania

Tentang Petra Yordania, bisa dibaca lebih detail di sini : PETRA - PEsona Tiada TaRA

Dan masih banyak lagi lokasi-lokasi yang akan dikunjungi selama Perjalanan Rohani di Tanah Perjanjian.

Bonus :
Selama di Tanah Perjanjian, akan sangat banyak hal-hal yang akan kita saksikan seperti beberapa foto di bawah ini :
Hidangan masakan ala Israel


Berbagai buah jumbo ada di sini


Menikmati Ikan Petrus


Pengalaman rohani berdoa di tempat tertentu

Manfaatkan kesempatan yang telah dibuka oleh Pemerintah Israel untuk turis dari Indonesia. Kesempatan yang sangat berharga. Karena kita tidak akan tahu, sewaktu-waktu akses untuk ke Tanah Perjanjian akan ditutup kembali. 
Sehingga Lagu pujian Oh Yerusalem Kota Mulia, Hatiku Rindu Ke sana akan menjadi nyata saat kita memiliki kesempatan dan anugerah untuk menginjakkan kaki ke Yerusalem.

Segera daftarkan diri anda, karena ketika kuota sudah penuh, maka pendaftaran akan ditutup atau harga akan naik, dikarenakan di bulan tersebut adalah bulan yang sangat padat kunjungan ke area Timur Tengah. Sehingga jumlah tiket pesawatya sangat terbatas.

Untuk mendapatkan pengalaman menarik lainnya dalam bentuk video, Silahkan di klik Youtube Channel kami untuk mendapatkan video terbaru : Sujanto Tedja V-Channel

Bisa juga follow instagram saya di : Sujanto Tedja

20 comments:

  1. Pengen banget bisa bawa satu keluarga ke sini. Setiap tunjukin kota ini, papa selalu berbinar matanya. Jadi makin pengen :((

    ReplyDelete
  2. trip religi kaya gini nggak cuma piknik biasa tapi bisa memperkuat iman dan ikatan kita dengan Tuhan dan keluarga

    ReplyDelete
  3. Wisata religi ini menyenangkannya plus2 ya, ko.. Jalan2 asyik dan hati juga jadi sejuk dan tenang krn sambil beribadah..

    ReplyDelete
  4. Widih bisa masuk Israel lagi org Indonesia, asyik ya ko wisata religinya. Ke Petra juga ya, pengen juga ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petra mantap banget. Gak bakalan nyesal jika sudah ke sini.

      Delete
  5. Membaca sejarah kemudian mengunjungi tempat-tempat yang disebutkan itu seru banget. Sebaliknya mengunjungi kemudian membaca sejarahnya itu bikin surprise.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Om ahli dalam persejarahan . Memang seru plus surprise .. kombinasi yg luar biasa

      Delete
  6. Super banget ya psrtupertualdi yerusalem. . Melihat secara langsung sejarah yang Ada di Alkitab.. bisa neh buka open trip.. thanks for wonderful article

    ReplyDelete
    Replies
    1. Israel masuk dengan di arrange tour travel lebih gampang,

      Delete
  7. sejarah adalah penampakan dari masa lalu yang bisa dipelajari ilmu-ilmu nya untuk masa kini dan juga masa depan

    pengen banget lah kesana

    ReplyDelete
  8. Gagal fokus sama kulinernya. Enak nggak mas makanannya? Cocok nggak sama lidah orang Indonesia? Btw itu buah delima ya yang ukurannya jumbo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya delima jumbo. Gede banget. Kalo makanan mirip makanan eropa gitu, banyak salad2 nya

      Delete
  9. Sejauh ini cuma baru sebatas wacana dan keinginan yang besar untuk dapat menginjakkan kakiku ke Tanah Perjanjian.
    Semoga kelak terlaksana dan diberi jalan kemudahan oleh Tuhan untuk berada disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Saya doakan mas dan keluarga besar bisa menginjakkan kaki ke tanah perjanjian

      Delete
  10. Aku bermimpi banget bisa ke Petra nih. Semoga tahun depan kesampaian.

    ReplyDelete

Theme images by diane555. Powered by Blogger.