Random Posts

Recent
recent

Pabrik Kopi Jantan di Batam

Ngopi yuk!! Itulah kata-kata yang  sering kita gunakan saat mata mulai ngantuk atau sekedar mau mencari tempat tongkrongan, ataupun sedang membuat janji temu dengan teman. Bahkan tidak sedikit deal-deal bisnis dilakukan di warung kopi atau kedai kopi atau Kopi tiam. Beda kota, beda penyebutannya. Apa penyebutan warung kopi di kota anda?






Saat ini di pasaran banyak menawarkan berbagai jenis bubuk kopi, baik yang original atau sudah kombinasi dengan berbagai rasa.
Setiap kota memiliki legenda kopi kebanggaan masing-masing, dan tidak sedikit yang sampai hari ini, proses pengolahan dari biji kopi sampai menjadi bubuk kopi tetap memakai cara- cara yang traditional, untuk menjaga supaya cita rasa kopi tetap terjaga.

Saya teringat, waktu masih tinggal di Pontianak, Kalimantan Barat. Ada tetangga saya yang hobi mengolah biji kopi sendiri. Karena proses sangrai kopi pas di samping rumah saya, maka saya juga kebagian aroma wanginya saja (bubuk kopinya gak pernah singgah ke rumah). Dan yang tidak kalah menarik adalah ketika kopinya ada dicampurin jahe, wah aromanya makin semerbak.

Saya tidak tahu sejak kapan saya suka minum kopi, apakah sejak aroma kopi tetangga masuk ke rumah, tapi yang pasti sampai saat ini, setiap hari pasti minum kopi, terutama kopi hitam.

Beberapa saat yang lalu, teman saya mengajak saya ke Pabrik kopi nya yang ada di Kota Batam. Ini Penampakan wajah teman saya, yang berdiri di tengah baju merah. Yang bisa menebak nama teman saya, akan mendapat hadiah 5 biji kopi dari dia (teman saya mah begitu orangnya)


Nama Pabriknya  : 70 Fahrenheit Koffie Batam
Yang mau tahu, kenapa namanya 70 Fahrenheit Koffie Batam, silahkan hubungi teman saya sambil ngopi di gelas 70 Fahrenheit Koffie Batam.

Bagi yang belum tahu lokasinya, bisa langsung klik di sini : Lokasi 70 Fahrenheit Koffie Batam

Saat saya ke Pabrik Kopi 70 Fahrenheit Koffie Batam, ternyata saat itu pas ada dengan kedatangan turis-turis dari manca negara. Ada 2 bis pariwisata yang membawa para turis ke lokasi 70 Fahrenheit Koffie Batam ini.

Para Turis diberikan penjelasan sejarah kopi dan manfaatnya di 70 Fahrenheit Koffie Batam

 Para Turis juga dibawa menyaksikan proses sangrai kopi di 70 Fahrenheit Koffie Batam

Dan Para turis disediakan ruangan untuk mencoba kopi di 70 Fahrenheit Koffie Batam.

Ada terdapat 6 ruangan untuk Test kopi dan Penjelasan detail tentang kopi di 70 Fahrenheit Koffie Batam, yaitu : Room Arabika, Barista, Cappuccino, Dopio, Espresso dan Fahrenheit.

Menariknya di sini adalah, ternyata ada 2 jenis biji kopi, yaitu Biji Kopi Jantan dan Biji Kopi Betina. Ini Penampakannya.
Biji Kopi Betina

Biji Kopi Jantan

Teman saya Pemilik 70 Fahrenheit Koffie Batam menjelaskan bahwa pada umumnya, biji kopi betina yang banyak dipergunakan untuk diolah menjadi bubuk kopi. Kenapa demikian, karena ternyata setiap panennya hanya menghasilkan 5% biji kopi jantan saja.
Kopi jantan memiliki kualitas yang lebih bagus, karena penyerapan saat tumbuhnya lebih baik sehingga bentuknya lebih sempurna, aroma lebih wangi dan kandungan kafein nya lebih rendah.
Karena jumlahnya yang terbatas, mengakibatkan harganya juga jadi lebih tinggi dibandingkan biji kopi betina.

Tapi ingat, jika teman-teman lagi mau ngopi di kedai kopi, jangan isengin karyawan atau pemilik kedai kopi nya dengan bertanya, "Ini Kopi jantan atau betina?". Bisa-bisa dilempar dengan biji kopi sama pemiliknya.

Suasana di Pabrik Kopi  70 Fahrenheit Koffie Batam juga cukup menarik. Bagi yang suka selfi, banyak spot yang menarik untuk Selfie.





Bagi yang tidak suka kopi, minimal masih bisa selfie lah.. kalo gak suka selfie juga, minimal bisa belikan kopi untuk teman. Ingat beli kopi jantan ya.

Oya di sini juga ada jual Kopi Luwak asli, ini ada sertifikatnya.
Certificate of Authenticity of Luwak Coffee

Bagi teman-teman luar kota yang mau bawa rombongan ke 70 Fahrenheit Koffie Batam, bisa hubungi teman saya ya.. yang mau tahu no telephone teman saya bisa inbox saya.

Yang malam-malam mau ajak saya ngopi, baca di sini : Kopi Tiam, Buka dari pagi sampai pagi

Silahkan saksikan video liputan di 70 Fahrenheit Koffie Batam

Silahkan di like dan subscribe Youtube Channel saya ya : Sujanto Tedja V-Channel

Terus dapatkan update terbaru dari :
Website : www.sujantotedja.com
Instagram : @sujantotedja
Twitter : @sujantotedja

4 comments:

  1. Wuih baru tau ada pabrik kopi di Batam..Selama ini kunjunginnya di Sidikalang dan Medan doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, pada banyak yg belum tahu di batam ada. Keren

      Delete
  2. wah... seru bisa jalan jalan ke pabrik kopi, ternyata da juga di batam... mesti coba ni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tdk diduga ada pabrik yg begitu rapi dan bersih.

      Delete

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.