Random Posts

Recent
recent

Visa Bisa Ditolak Karena Hal Ini



Ada seorang teman yang saat itu mengajukan Visa yang katanya kategori Visa dari negara yang termasuk paling susah disetujui.

Jika negara tersebut menyetujui visa kita,  maka kemungkinan jika kita mengajukan visa di negara lain, 99% disetujui.

Saat mengisi formulir untuk pengajuan visa tersebut yang dilakukan secara online, ada beberapa pertanyaan yang menanyakan tentang akun-akun Media sosialnya dia dan juga pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah dia ada berkaitan/terlibat dengan organisasi radikal dan sebagainya.

Dengan permintaan yang begitu detail, terutama mengenai akun media sosialnya, membuat teman saya jadi was-was, langsung dia memeriksa akun media sosianya dia, apakah pernah posting/repost sesuatu yang berbahaya, apakah ada kata-katanya yang bersifat ujaran kebencian atau hasutan-hasutan atau apakah pernah komen yang miring-miring mengenai negara tersebut.

Karena katanya, sekalipun data keuangan kita bagus, ada rekomendasi dari perusahaan ataupun dari bank, ada faktor non teknis yang bisa menyebabkan pengajuan visa kita ditolak ataupun diterima, dan salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah apa yang ditampilkan di media sosial kita.



Bahkan sikap kita selama diwawancarai oleh petugas kedubes, juga diperhatikan. Pernah ada suatu kejadian. Ada anak muda yang visanya ditolak,  dan ketika keluar dari ruangan wawancara, anak muda tersebut membanting / menendang pintu kedubes tersebut. Dan tahukah apa efeknya? Seumur hidup, anak muda tersebut ditolak masuk ke negara tersebut alias gak mungkin disetujui visanya. Kenapa demikian? Karena kantor kedutaan besar adalah perwakilan /kedaulatan dari suatu negara. Ketika anak muda tersebut bersikap kasar, maka itu dianggap tidak menghormati negara tersebut dan sedang menyerang negara tersebut.

Dari pengalaman pribadi teman saya ini saat mengurus sendiri pengajuan visanya, memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa hati-hatilah dengan apa yang keluar dari perbendaharaan hati dan pikiran kita. Karena apa yang kita tulis atau posting, bisa berpotensi membangun sesuatu yang positip atau sebaliknya. Bahkan sikap kita juga harus benar. Dan itu harus dilatih sejak sekarang, karena tidak ada orang yang tiba-tiba menjadi baik atau jahat. Ada proses waktu dalam membentuk karakter seseorang. 

Hal-hal yang sering orang tidak sadari mengenai penyebab visanya ditolak, justru dikarenakan perbuatan diri sendiri. Dengan menulis sembarangan di media sosial, mengomentari yang tidak seharusnya dikomentari, menyebarkan sesuatu yang bisa berpotensi membuat perpecahan di suatu masyarakat, apalagi jika yang disebar tersebut adalah hoax. Jejak digital tidak semudah itu hilang, apalagi dengan teknologi yang canggih yang dimiliki oleh negara maju.

Oleh karena itu, bagaimana supaya tidak ada jejak digital yang buruk di dalam hidup kita? Simple, ya jangan pernah membuat jejak yang buruk/tidak baik, baik di dunia maya maupun dunia nyata. 

Memang tidak ada yang menjamin, bahwa visa kita pasti diterima jika kita sudah melakukan itu semua, namun setidaknya, itu menjadikan the better me.

Jika kita berencana mau keliling dunia, maka mulai sekarang bijaklah dalam bermedia sosial. Dan itu semua dimulai dari sekarang, ingatlah, hati-hati dengan siapa kita bergaul. Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal.


Salam New Normal




18 comments:

  1. Betul banget Koh, attitude tu number one deh pokoknya, apalagi pengurusan dokumen, ya kayak visa ini. Etapi kepo saya jadinya Koh, visa negara mana tuh yang sulit? Seberang Bali kah? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg biasa suka dipakai emak2 utk masak, @merica

      Delete
  2. Nah, iya bener-bener harus jaga sikap.

    Iya selalu berusaha tidak memposting sesuatu yang sara di media sosial karena hal itu juga sekarang menjadi pertimbangan beragam hal. Selain pengajuan visa, juga pengajuan lamaran kerja. Banyak yang cek ricek juga ke medsos kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener jg. Semua sekarang mengecek Medsos, baru diterima

      Delete
  3. baru tau, jejak digital medsos bisa mempengaruhi kita buat visa, pasti banyak yang gak nyadar akan hal ini loh.. nampak sepele tapi dampaknya luar biasa ya utk pembuatan dokumen keluar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye kak. Medsos keliatan Sederhana tapi vital ternyata

      Delete
  4. Beneran Koh banyak kejadian para pewawancara ini periksa media sosial dan jika menemukan postingan yang macam-macam auto reject deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih baik komentar/posting yg aman2 aja ya Kakak

      Delete
  5. Aku baru tau sekarang jejak digital juga dapat memengaruhi saat pengajuan visa ya. Aku taunya HRD sekarang sudah ngecek jejak digital juga. Harus lebih bijak lagi bermedia sosial krn memengaruhi banyak aspek jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak. Lebih aman kita yg aman2 aja postingannya. Kita tidak tahu kapan kita perlu membuat visa tsb

      Delete
  6. Wah semakin beragam ya persyaratan mengajukan visa sebuah negara, salah satunya dengan cara mengecek Attitude atau sikap seseorang dengan cara medsos kita dicek oleh mereka. Ini mengingatkan saya tentang beberapa perusahaan yang menginterview calon karyawannya tidak hanya interview tetap muka tapi mereka juga minta medsos kita. lalu perusahaan itu mengecek apa-apa yang telah kita ketik, apa-apa yang kita post. Dengan begitu mereka akan tahu calon karyawannya ini sifatnya seperti apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gak ada yang tersembunyi ya Kak. Hidup yang benar aja deh ya, termasuk di medsos

      Delete
  7. nggak cuma petugas kedutaan yang kepo dengan media sosial, hrd skrg kepo banget dengan media sosial. jadi bagi anak muda yang mau ngelamar pekerjaan musti hati hati, nah gimana yang mau ngelamar anak gadis orang. ada kemungkinan calon mertua kepoin media ssosual kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤭syarat melamar, jejak digital harus bersih ya Kak

      Delete
  8. Nggak cuma berdampak sama penerbitan VISA ya ko, karena attitude yang baik sebenarnya mempermudah kita untuk menjalin relasi jg (dgn org dalam) kwkwkw.. Apalagi jaman sekarang yang notabene sangat gampang untuk mengakses media sosial, anak kecil pun sudah sangat banyak memiliki akun media sosial, harus sangat bijak dan mulai mengedukasi diri sendiri tentang bahayanya media sosial apabila digunakan dengan sembrono tanpa tanggung jawab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kakak. Mari kita meninggalkan rekam jejak yang baik dimulai dari sekarang

      Delete
  9. Bagi netijen yang julid2, penyebar hoax, siap2 aja nih yaa koh...hehe. Jejak digital itu susah musnah... Thanks infonyaa koh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kakak. Hati-hati dengan hati, jangan sampai menyesal di suatu hari nanti

      Delete

Theme images by diane555. Powered by Blogger.