Random Posts

Recent
recent

Wow!! Habis Operasi Lasik Mata, Tidak Perlu Pakai Kacamata Lagi

Pengalaman setiap orang dalam memakai kacamata memiliki cerita sendiri. Ada yang remaja sudah pakai kacamata, ada yang ketika sudah dewasa baru menggunakan kacamata, namun tidak sedikit yang sudah memakai kacamata sejak kecil. Terutama bagi yang mengalami masalah rabun jauh.
Nah, ini ada KABAR GEMBIRA!!
Anda bisa mengucapkan SELAMAT TINGGAL dengan kacamata anda, karena apa?
Karena setelah Operasi Lasik Mata, tidak perlu lagi menggunakan kacamata


Bagi Anda yang menggunakan kacamata, tentunya ini bisa menjadi kabar gembira. Karena ini menjadi satu terobosan dalam teknologi, terutama yang berhubungan dengan mata.
Karena tidak sedikit orang yang menjadi kolektor kacamata dikarenakan setiap tahun membeli kacamata yang baru, baik untuk maintenance atau sekedar untuk bergaya. Sehingga jangan heran ada yang sampai memiliki kacamata segudang, hanya ini hanya gudang kecil kacamata.

Koleksi Kacamata sebelum Lasik Mata


Mungkin ada yang baru pertama kali mendengar tentang Lasik Mata atau ada yang pernah mendengar, tapi belum mengerti cara kerjanya.
Kata LASIK adala singkatan dari Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. Lasik Mata merupakan salah satu metode koreksi kelainan refraksi (rabun dekat, rabun jauh, silender) yang sedang populer di dunia.
Dengan prosedur operasi Lasik Mata yang cukup singkat, sekitar 10 menit /  mata, alias jika anda mau lasik langsung 2 bola mata, maka hanya menghabiskan waktu 20 menit saja.
Hebatnya Operasi Lasik Mata, bisa dilakukan sekaligus untuk kedua bola mata. Ini Tentunya menghemat waktu Anda.
Yang bikin lama adalah keputusan untuk mau operasi Lasik Mata atau tidak. Kalo Operasinya mah hanya sekejab aja.
  
Karena banyak yang masih bingung atau takut untuk Operasi Lasik Mata, mungkin setelah membaca artikel ini bisa memutuskan apakah mau atau tidak. Jika anda mau, jangan hubungi saya, hubungi dokter mata terdekat di kota anda. Kecuali saya sudah menjadi Dokter Mata. 


Syarat Calon Pasien Lasik Mata :
  • Usia telah mencapai 18 tahun atau lebih
  • Memiliki kesehatan umum yang baik
  • Mata dan kornea tidak terdapat kelainan /penyakit
  • Refraksi mata stabil sekurang-kurangnya 1 tahun terakhir
  • Tidak sedang hamil atau menyusui


Adapun Tahapan Operasi Lasik Mata adalah sebagai berikut :

Tahap 1
Pembuatan Flap (lapisan) pada kornea dengan menggunakan mikrokeratome

Lasik Mata Tahap 1


Tahap 2
Setelah flap dibuka, mesin laser langsung bekerja pada mata. Sebagian flap masih menempel pada mata

Lasik Mata Tahap 2


Tahap 3
Setelah tindakan laser, flap akan dikembalikan pada posisi semula dan akan melekat erat tanpa perlu jahitan

Lasik Mata Tahap 3


Tahap 4
Prosedur Lasik Mata telah selesai dan pasien akan menunggu beberapa saat untuk dilakukan pemeriksaan. Pasien diberikan pelindung mata serta obat tetes untuk membantu penyembuhan dan mencegah infeksi. Penglihatan pasien akan bertambah jelas biasanya dalam beberapa hari.

Nah, pengalaman orang yang pernah Operasi Lasik Mata. Setelah pulang dari Klinik Mata tersebut, langsung bisa melihat jelas (walau belum 100%) tulisan di depan mata, tanpa perlu kacamata, seolah-olah dunia terbuka dan terang benderang setelah sekian lama dunia terlihat buram.
Bagi wanita, ini tentunya sangat membantu, karena yang sebelumnya jika make up di bagian mata, kurang terlihat (oleh orang lain) karena tertutup kacamata, maka setelah Operasi Lasik Mata, semua riasan mata bisa terlihat dengan sempurna. Karena ada orang tertentu yang tidak cocok menggunakan Soft Lens sehingga mau tidak mau hanya mengandalkan kacamata.

Untuk pilihannya sebenarnya ada yg blade (lasik) atau bladeless(laser), namun tergantung ketebalan retina. Jika retinanya tipis, wajib bladeless

Untuk melihat langsung semua tahapan Operasi Lasik Mata, bisa dilihat di Video berikut ini





Tips :
Sebelum Operasi Lasik Mata
  • Pastikan bahwa Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan mata dan berkonsultasi dengan dokter mata yang bisa menangani Lasik Mata
  • Jika memakai lensa kontak (soft lens), agar melepaskannya sekurang-kurangnya 2 minggu sebelum Operasi Lasik Mata
  • Rencanakan jadwal tindakan sesuai jadwal kegiatan sehari-hari, agar tidak terganggu (paska tindakan perlu 1-2 hari istirahat

Pada Hari Operasi Lasik Mata
  • Dianjurkan untuk makan secukupnya, tidak perlu berpuasa
  • Sebaiknya mengajak seseorang untuk menemani Anda, sebaiknya orang yang anda kenal, kalo belum kenal, silahkan kenalan dulu. Tujuannya agar bisa mengantarkan Anda pulang setelah operasi. Setelah operasi, tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan pada malam hari, sampai dokter mata anda mengijinkannya.
  • Dianjurkan mandi dan cuci rambut (kasian dokternya, takut pingsan kalo Anda lupa cuci rambut)
  • Jangan memakai make up sekitar mata, sebelum dan sesudah operasi, sampai diijinkan oleh dokter.

Nanti Setelah selesai operasi mata, akan diberikan pelindung mata, bentuknya  kacamata. Itu dipakai, termasuk saat tidur. Tujuannya supaya jangan sampai kita tidak sengaja mengucek mata.
Kenapa tidak boleh mengucek mata, karena proses Lasik Mata yang luar biasa. Dimana tidak ada dilakukan jahitan, melekat secara alami (perhatikan baik-baik proses video Lasik Mata di atas), dan tentunya dibantu dengan obat tetes mata khusus, untuk membantu proses perekatan dan mencegah infeksi. Itu sebabnya harus dijaga hati-hati kondisi setelah operasi.

Sesudah Lasik
  • Usahakan istirahat/tidur pada hari setelah operasi, jika merasa nyeri boleh minum obat penghilang rasa sakit.
  • Menggunakan kacamata pelindung terutama di luar ruangan, sedang pada malam hari memakai Eye Shield selama 5 (lima) hari pertama.
  • Anda boleh membaca koran atau menonton TV setelah hari pertama LASIK, namun untuk jangka waktu terbatas
  • Kegiatan mandi hanya sebatas leher ke bawah, sedangkan bagian wajah dibasuh secara hati-hati. Mencuci rambut diperbolehkan setelah hari ke-3 LASIK. Itu sebabnya sebelum operasi disuruh cuci rambut dulu.
  • Jangan menggunakan rias wajah/make up selama 3 (tiga) hari.
  • Kegiatan berenang atau olah raga full contact body (karate, tinju, dll) boleh dilakukan 1 (satu) bulan setelah LASIK
Note :
Jangan kaget jika bola mata seperti memar, itu dikarenakan proses membuka mata selebar-lebarnya menggunakan peralatan saat operasi, sehingga terjadi hal itu. Namun itu bisa hilang secara alami.

Adakah Resiko dari tindakan LASIK?
  • Meskipun tindakan LASIK terbukti sangat aman, namun perlu diketahui bahwa sama seperti tindakan operasi apapun lainnya, resiko akan selalu ada.
  • Yang mungkin bisa terjadi pada prosedur LASIK adalah koreksi refraksi yang kurang (under koreksi) atau koreksi refraksi yang berlebih (over koreksi). Angka kejadian resiko tersebut persentasenya sangat kecil. Untuk mengatasi hal ini, jika diperlukan dapat dilakukan laser ulang setelah kondisi refraksi sudah stabil.  
Efek Samping Pasca Operasi
Setelah tindakan operasai, pasien biasanya akan mengalami beberapa efek samping yang akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Efek sampin yang pasca operasi yang umumnya terjadi adalah :  
  • Mata merah, berkabut, kadang berair dan terasa agak ganjal seperti kelilipan untuk beberapa hari
  • Penglihatan silau di malam hari (glare). Ini biasanya akan hilang dalam beberapa minggu.
  • Mata kering merupakan keluhan yang juga sering terjadi. Keadaan ini dapat diatasi dengan pemberian obat tetes mata
  • Efek samping ini berbeda pada setiap pasien tergantung kondisi masing-masing individu. Bahkan banyak pasien yang tidak mengalami efek samping tersebut. 
Artikel tentang Lasik Mata hanya sebagai pengetahuan, untuk mengetahui segala resiko ataupun segala hal yang berkaitan tentang Lasik Mata bisa langsung ditanyakan ke Dokter mata anda. Demikian juga tentang biayanya. Karena itu tergantung masing-masing Klinik/rumah sakit dan teknologi yang dipergunakan. Teknologi Lasik Mata ini terus berkembang, sehingga akan mempengaruhi biaya operasinya.

Info tambahan : Saat itu, Dr. Heru Mahendrata, Sp.M yang menangani LASIK


Untuk mendapatkan artikel menarik lainnya, silahkan ikuti terus ya di :
Website : www.sujantotedja.com
Youtube : Sujanto Tedja V-Channel
FB Fan Page : sujantotedjadotcom
Instagram : @sujantotedja

Setelah matanya terang dan mau jalan-jalan naik Kapal Pesiar, silahkan simak video berikut ini :

Artikel lengkapnya di sini ya : Genting Dream Cruises 4D3N

8 comments:

  1. Berapa duit tu pak, tuk Lasik matanya?

    ReplyDelete
  2. Mungkin sekarang sekitar 7-8 juta untuk satu mata ya. Nabung dulu ah, kebetulan mata cuma minus sebelah, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat ya, bisa hanya minus sebelah. Lumayan hemat 1 mata ya 😂

      Delete
  3. ngilu perut aku om nengok videonya. beneran deh aku jaga mataku, meski minus masih 1.5 semoga gak nambah... banyak2 makan wortel aja lah... takutt operasi...takut juga dengan biayanya...aawwww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Itu tidak seseram yang kelihatan, kalo yg dioperasi matanya gak kerasa karna dibius

      Delete

Theme images by diane555. Powered by Blogger.