Random Posts

Recent
recent

Wisata Kuliner Batam - Bakso Mangkok Beranak Cabe Setan

Wisata Kuliner Batam – Bakso Mangkok Beranak Cabe Setan

Wisata Kuliner Batam kali ini adalah makanan favorit masyarakat Indonesia, dari desa  sampai kota mengenal makanan ini, namanya bakso. Kita mungkin sudah sering makan bakso dengan berbagai bentuk, ada bakso yang bentuknya bulat, ada bakso yang bentuknya gepeng atau pipih, ada juga yang namanya bakso tenis, karena bentuknya seperti  bola tenis.

Wisata Kuliner Batam kali ini agak spesial, Jika sebelumnya saya telah menampilkan makan khas kalimatan Pontianak [ bisa baca di sini : Wisata Kuliner Batam Khas Kalimantan Pontianak ], maka yang ini adalah makanan Khas Kalimantan Banjarmasin, dengan nama tempat Soto Dayak.

Lokasi Soto Dayak ada di Tiban, tepatnya sebelum Kantor BPJS Ketenagakerjaan Tiban.
Untuk alamat lengkapnya bisa disaksikan di video di dalam liputan ini.

Di Soto Dayak ada banyak menu andalan, salah satu Menu makanan spesialnya  untuk bakso adalah Bakso Mangkok Beranak Cabe Setan.


Kenapa disebut :
Bakso Mangkok, karena bakso nya berbentuk Mangkok
Beranak, karena selain bakso berbentuk mangkok, maka ada bakso lain yang bentuk bulat besar, dan di dalam bakso bulat besar itu ada lagi bakso – bakso kecil di dalamnya.
Cabe Setan, karena di dalam bakso besar tadi, selain berisi bakso-bakso kecil, juga berisi cabe setan, yang akan memberikan sensasi meledak di mulut.

Harga Bakso Mangkok Beranak Cabe Setan : Rp. 30.000
Harga Bakso Mangkok Beranak  : Rp. 28.000
Harga Bakso Mangkok : Rp. 23.000

Catatan :
Pengalaman kami saat makan Bakso Mangkok di Soto Dayak. Selain bakso - bakso kecil, maka ada bakso seukuran mangkok yang bisa dimakan satu kampong alias porsinya besar. Bagi yang susah makan sedikit, maka porsi ini akan memuaskan anda sampai tetes terakhir kuahnya. Namun bagi yang tipe pemalu dan lambungnya agak kecil, maka porsi ini butuh perjuangan  untuk menghabiskannya, bukan karena tidak enak, tapi butuh napas panjang untuk menghabiskannya, karena jika sudah tidak bernapas, susah untuk menghabiskannya.

Menu pencuci mulut di Soto Dayak
Jika sudah makan bakso, tentunya kurang pas jika tanpa hidangan pencuci mulut. Bagi anda yang suka bercocok tanam, ini ada menu pencuci mulut yang menarik di Soto Dayak, namanya Ice Cream Pot.
Kenapa disebut Ice Cream Pot, karena isinya ice cream.
Kenapa ada kata pot – nya, karena ice cream dan teman-temannya disajikan dengan wadah pot bunga dari bahan plastik.
Harga Ice Cream Pot di Soto Dayak: Rp. 20.000

Berikut penampakannya Ice Cream Pot di Soto Dayak


Menu Minuman di Soto Dayak
Bagi yang mau pesan minuman, ada sajian  menarik lainnya yang bisa dipilih di Soto Dayak.
Seperti yang kita tahu, bahwa kota Batam terkenal satu buah dari kahyangan yang bernama Buah Naga.
Dan nama minumannya adalah Jus Buah Naga. Yang bikin menarik adalah kemasan gelasnya yang berbentuk Bohlam lampu. Ini membuat penampakan  Jus Buah  Naga di Soto Dayak menjadi unik.
Untungnya gelas bohlam lampunya terbuat dari plastik, jika terbuat dari kaca, bisa sekalian bola lampunya di makan, kuda lumping dong!!  

Harga Jus Buah Naga :  Rp. 13.000

Ini yang bentuk gelas Jus Buah Naga di Soto Dayak.


Demikian informasi beberapa menu yang ada di Soto Dayak. Masih banyak lagi menu-menu lainnya yang menarik, jika mau tahu, langsung saja ke lokasi. Sebelum ke Lokasinya, ada baiknya disimak dulu liputan video berikut ini.

Bagi yang mau tahu seperti apa kondisi Lokasi di Soto Dayak, bisa dilihat di video ini :


Catatan :
Bagi yang suka selfie, banyak aksesoris suku dayak yang bisa dipakai untuk selfie di Soto Dayak  ini. Termasuk ada gambar di dinding berbentuk sayap yang banyak menjadi titik foto terfavorit.
Posisi duduknya adalah yang duduk di kursi, atau yang lesehan.
Juga tersedia Wifi gratis, Parkir Gratis, Makan Gratis jika ada yang bayarin.

Oya, tambahan Catatan :
Setiap hari, jadwal buka tutupnya adalah 11 pagi – 11 malam.
Kecuali Hari Senin, karena setiap hari Senin Soto Dayak tidak buka.

Demikian liputan Bakso Mangkok Beranak Cabe Setan di Soto Dayak, Makanan Khas Kalimantan Banjarmasin.

Terus ikuti liputan lainnya di :
Youtube : Sujanto Tedja V-Channel
Instagram : @sujantotedja 

2 comments:

  1. aku udah berkali kali kesoday... dan memang menu favorit selain bakso beranak ya ayam cobeknya juga pedas mampus lah dibuatnya... mantaaappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bakso di sana emang enak, bakso mangkok nya bisa untuk 2 org makan, kalo ayam cobek blm pernah coba. Semoga aku kuat menghadapi kepedasannya

      Delete

Theme images by diane555. Powered by Blogger.