Random Posts

Recent
recent

Bagaimana Caranya – Cara Mengirim barang Port to Port

Bagaimana Caranya – Cara Mengirim barang Port to Port
Ada waktunya kita perlu mengirim barang dari satu kota ke kota lain. Jika kita mengirim barang dalam jumlah yang sedikit, kita mungkin tidak terlalu memusingkan mau menggunakan jasa ekpedisi apa. Namun akan berbeda ceritanya ketika kita berencana mengirim barang dalam jumlah yang besar, tentunya kita perlu mempertimbangkan cara mengirim barang dengan harga yang murah dan efektif.

Misalnya kita mengirim barang dengan berat  50 kg, jika dengan cara mengirim barang seperti biasa di Jasa Pengiriman Barang, maka dengan harga rata-rata 25.000/ kg, biaya yang harus kita tanggung untuk berat 50 kg x Rp. 25.000 = Rp. 1.250.000. 
Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara mengirim barang dengan cara lain.


Metode cara mengirim barang dengan harga yang murah yang dimaksud adalah Mengirim Barang dengan Port To Port.
Pengertian  Mengirim Barang dengan Port To Port, adalah kita mengirim barang langsung dari bandara asal  ke bandara tujuan.
Contoh : 
kami lagi ada pemesanan buku dari Surabaya, dengan total 78 kg. maka dari Surabaya membawa paket tersebut ke bandara Surabaya dengan tujuan Bandara Hang Nadim Batam.
Dan penerima di Batam  mengambil barang di Bandara Hang Nadim Batam.

Catatan :
Ekspedisi tertentu yang mengirim barang Port to Port ada juga yang menyediakan layanan jemput di tempat. Seperti yang pernah kami lakukan saat mengirimkan barang ke Jakarta, dikarenakan kami kesulitan membawa barang ke bandara (karena jumlah barang yang banyak), maka dari pihak ekspedisi menyediakan layanan jemput barang, dan biasanya mereka langsung membawa timbangan, sehingga kedua belah pihak bisa langsung tahu berapa total berat barang yang dikirim.
Namun ada juga perusahaan ekspedisi yang hanya melayani  langsung di bandara untuk  mengirim barang Port to Port. Mau tidak mau kita harus membawa barang langsung ke bandara.

Port to Port dari Surabaya ke Batam
Cara mengirim barang port to port (bandara ke bandara) yang mau saya jelaskan saat ini adalah mengirim barang Port to Port dari Surabaya ke Batam.

Dimulai dari harga yang dikenakan dari Surabaya ke Batam
Barang yang dikirim dari Surabaya itu dalam bentuk buku dan aksesoris nya yang dipakai untuk seminar yang diadakan di Batam.

Jenis Barang  : Buku
Berat Barang : 78 kg
Harga per kilo : Rp. 8.300
Total biaya : Rp. 18.000 x 78 kg = Rp. 647.400
Plus sedikit Biaya admin, tergantung perusahaan ekspedisi masing-masing.

Catatan :  
Bandingkan jika kita mengirim menggunakan ekspedisi pada umumnya :
78 kg x Rp 25.000 =  Rp. 1.950.000. WOW, BEDA BUANYAK SEKALI!!!


Proses selanjutnya adalah penerimaan barang di Batam
Lokasi untuk menerima barang yang dikirim port to port adalah di gudang kargo Bandara Hang Nadim Batam.

Untuk Lokasi tempatnya bisa disaksikan di video berikut :


1.       Saat tiba di gudang kargo Bandara Hang Nadim Batam, langsung menuju kantor ekspedisinya.

Catatan :
Biasanya yang ditanyakan saat menerima barang Port to Port adalah, barangnya dikirim dari kota mana dan menggunakan pesawat apa.

Dikarenakan dari Surabaya memakai pesawat Lion air, maka saya diarahkan ke Kantor Persero Batam
 Lokasinya tidak di Kantor Kargo Bandara, tapi langsung di Gudang Kargo.  




Jadi Saat masuk ke Gudang Persero Batam (seperti yang di dalam foto),langsung belok kiri, Lihat foto seperti di bawah ini :


Saat mengambil barang port to port, silahkan isi formulir ini ( Formulir ini disediakan di sana)



Catatan :
Untuk mengambil barang port to port, itu wajib orang bersangkutan yang mengambil. Namun dikarenakan istri saya lagi ada urusan, maka saya yang membantu mengambil barang port to port dari Surabaya ini.

Berikut contoh surat kuasanya :



Ingat sekalian copykan KTP Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa. Kan repot banget tuh jika harus cari tempat fotocopy di gudang Kargo Bandara.

2.       Nanti dari petugasnya akan printkan ini . dan dibawa ke kasir sebelahnya.


3.       Kasir nya akan memberikan Kwitansi total biaya administrasi yang perlu dibayarkan.




4.       Setelah dibayar, serahkan ke Petugas keamanan yang ada disekitar gudang kargo bandara. Dan jika barang sudah dikeluarkan, silahkan arahakan mobil anda ke gudang Kargo bandara.

Selesai, Barang diterima dengan selamat sentosa.




Catatan :
Jika barang sudah tiba di Bandara tujuan (contoh Bandara Hand Nadim Batam), segeralah mengambil barang tersebut, dikarenakan jika terlambat mengambil, nanti akan dikenakan biaya titip/inap barang di gudang kargo bandara.
Menurut informasi, biaya inap barang port to port di gudang kargo bandara, perharinya bisa dikenakan antara Rp. 700- Rp. 800 per kilo. Tinggal dikalikan aja berapa kilo dan berapa malam.

Silahkan dibandingkan total biaya jika mengirim barang dengan cara melalui ekspedisi biasa dengan mengirim barang port to port.

Memang jika melalui Ekpedisi langganan kita, kita tidak perlu pusing untuk ke bandara, sementara jika mengirim barang port to port, kita sendiri yang wajib ke sana. Paling kita cukup pusing bayar biayanya saja.
Namun jika kita lagi urgent, maka mengirim barang Port to Port akan sangat membantu, karena bisa lebih cepat kita menerimanya.

Jadi silahkan dihitung sendiri efisiensinya, jika menurut rekan-rekan mengirim barang port to port akan hemat banyak, maka lakukanlah dengan segenap hati, tapi jika terasa repot, maka anggap saja apa yang saya sampaikan ini sebagai informasi saja. Siapa tahu suatu hari dibutuhkan, atau jika ada orang yang membutuhkan, informasi ini bisa di share.

Demikian informasi Cara mengirim barang Port to Port

Untuk mendapatkan informasi lainnya, bisa klik di sini Cara Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan


Dapatkan selalu update terbaru di sini :
Website : www.sujantotedja.com
Youtube : Sujanto Tedja V-Channel

Instagram : @sujantotedja

No comments:

Theme images by diane555. Powered by Blogger.