Random Posts

Recent
recent

Cara Mengurus Perubahan Nama Orang Dewasa dan Anak-Anak di Pengadilan Negeri

Bagi yang mau ke luar negeri, tentunya semua jadwal dan waktu sudah di set dengan begitu detail, dari jam keberangkatan sampai dengan acara selanjutnya biasanya begitu detail diperhitungkan.

Namun kadang ada hal yang kurang berkenan hati saat kita sudah di ruang imigrasi saat mau cap pasport.
Bagi yang pernah ke Singapura, pasti pernah alami,  jika nama di pasport anda hanya 1 suku kata saja, misalnya : Sujanto, Indah, Dewi, maka biasanya akan menjadi langganan masuk ke ruang imigrasi untuk diajak "minum kopi".
Karena kata teman saya di Facebook, dia sampai kembung diajak minum kopi di Kantor Imigrasi Singapura setiap kali ke sana.


Cara Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri
Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang bertanya-tanya, bagaimana Cara Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri.
Maka di postingan kali ini, saya mencoba membagikan apa saja proses Cara Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri, yang saya lakukan sendiri, untuk perubahan nama saya, lebih tepatnya adalah penambahan nama, yaitu dari Sujanto menjadi Sujanto Tedja. Tedja adalah nama marga, yaitu Marga The, atau disebut juga Marga Cen.

Catatan :
Saya hanya menceritakan apa proses yang saya lakukan mengenai Cara Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri, khususnya mengenai penambahan nama saya. Jadi saya hanya bisa menjawab proses sesuai apa yang saya jalankan.

Syarat-Syarat yang harus dilengkapi :
1. Surat Pengajuan ke Pengadilan Negeri, seperti contoh di bawah ini :

Catatan penting :
- Surat ini diprint dan ditanda tangan di atas meterai.dan Copy File Wordnya ke Disk (CD)
- Ingat untuk menambahkan no telepon di surat pengajuan di atas

2. Copy KTP, Akte Lahir, dan Kartu Keluarga.
-Saya melampirkan copy KTP, Akte Lahir dan Kartu Keluarga sebagai data pendukung pengajuan Perubahan/penambahan nama saya.
-Copy KTP, Akte Lahir, dan Kartu Keluarga di tempel meterai, dan minta dilegalisir di kantor pos.

Lihat salah satu contoh di bawah ini :

Catatan :
- Setiap KTP, Akte lahir dan Kartu Keluarga harus di fotokopi masing-masing di 1 kertas A4 utuh. Terutama KTP. Jadi kayak KTP, itu jangan dipotong kecil, tapi Copy KTP di 1 lembar A4.
Saat ke Kantor Pos (saya ke Kantor Pos Pusat Batam Center), tanyain aja ke Satpam nya, di mana counter untuk legalisir. Ingat untuk ditempel meterai ya, masing-masing 1 meterai.
- Saya hanya melampirkan copy KTP, Akte Lahir dan Kartu Keluarga. Jika rekan-rekan mau lampirkan data pendukung lain silahkan, contohnya Ijazah. Jadi nanti semua data pendukung akan dijadikan data pendukung di dalam persidangan.

Syarat pertama dan kedua, diserahkan ke Kantor Pengadilan Negeri Divisi Perdata.
Untuk Kantor Pengadilan Negeri Batam, posisi Counter yang menerima permohonanan Perubahan nama ada di lantai 2. Untuk pastinya bisa ditanyakan ke bagian Informasi, di dekat pintu masuk Pengadilan Negeri Batam.

Ketika semua datanya diterima dan diinput oleh bagian registrasi, nanti akan diminta ke ruang Informasi (lantai 1, di dekat pintu masuk) untuk dibuatkan Bukti Pendaftaran Permohonon seperti contoh di bawah ini :


Ini Contoh Slip Setoran yang diisi di Bank BTN


Catatan :
Segera lakukan pembayaran ke Bank BTN di Batam Center, dan setelah selesai, serahkan copy bukti setoran ke Bagian Informasi Pengadilan Negeri supaya bisa segera diinput di sistem

Jadwal Sidang
Proses selanjutnya adalah menunggu surat panggilan dari Pengadilan Negeri untuk menghadiri sidang pertama. Ada 2 jadwal sidang yang saya jalani, yaitu Sidang Pertama dan Sidang Penetapan.
Jika anda sudah mulai gelisah menanti surat panggilan sidang pertama yang belum kunjung datang, dan biasanya gejalanya adalah tidur gelisah (karena gaji suami belum diterima), maka bisa juga dicek via online.

Bisa cek di sini : http://sipp.pn-batam.go.id/
Di bagian KETIK KATA KUNCI : masukkan nama rekan-rekan. nanti akan muncul kapan jadwal sidang di sana. Jangan kepo mencari nama orang lain ya, karena di situ berisi semua perkara yang sedang ditangani oleh Pengadilan Negeri Batam

Sidang Pertama
Ketika sudah tahu kapan sidang pertamanya, maka ini yang harus dibawa :
1. Dokumen asli, yang sebelumnya rekan-rekan lampirkan&legalisir di Kantor Pos
2. 2 orang saksi. Saksi harus bawa KTP asli dan juga ingat untuk fotocopy KTP masing-masing saksi.

Selanjutnya ikuti saja persidangannya. Biasanya masa-masa menunggu yang bikin gelisah, karena kadang agak molor.

Catatan :
-Pastikan anda sudah menjelaskan kepada kedua saksi nya, apa alasan mau mengganti/merubah nama, supaya nanti saat ditanya hakim tidak kebingungan
- Saya sendiri membawa istri saya sebagai saksi, dan juga 1 teman yang sudah kenal lama. Jangan bawa saksi yang baru kenal, apalagi baru jumpa ditepi jalan langsung dibawa ke pengadilan. Karena pengajuan perubahan nama bisa diterima atau bisa ditolak.

Saat persidangan pertama selesai, maka hakim akan langsung memberitahukan jadwal Sidang Penetapan, dan Hakim akan menyatakan tidak ada Surat Panggilan lagi, jadi langsung datang di jadwal yang hakim informasikan. Saya sendiri sidang pertama di tanggal 7 Juli 2017, dan diminta kembali Sidang Penetapan pada tanggal 14 Juli 2017

Sidang Penetapan
Sidang inilah yang akan memberi ketetapan atau keputusan, apakah pengajuan Perubahan/Penambahan Namanya diterima atau ditolak. Dan Puji Tuhan pengajuan saya diterima.


Ini Contoh salinan Surat Penetapannya


Catatan :
- Di akte lahir saya, di nama ibu saya ada tulis marga Tedja. jadi itu lebih memudahkan proses penambahan nama saya dari hanya Sujanto menjadi Sujanto Tedja
- Nama depan saya (Sujanto) masih ada di dalam pengajuan surat penambahan nama, itu salah satu poin mempermudah proses pengajuan penambahan nama.
- Segera lakukan proses perubahan akte lahir setelah menerima Surat Penetapan dari Pengadilan Negeri, waktu yang diberikan adalah 30 hari.

Postingan selanjutnya, saya akan membahas proses ke Catatan Sipil untuk mengubah akte lahir setelah menerima Surat Penetapan Pengadilan Negeri Batam

UPDATE :
Berikut Contoh Surat Pengajuan Penambahan Nama Untuk Anak-Anak
Halaman 1
Halaman 2




Untuk mendapatkan Update Terbaru :
Terus ikuti Website : www.sujantotedja.com
Please subscribe Youtube Channel : Sujanto Tedja V-Channel
Instagram : @sujantotedja
Twitter : @sujantotedja
FB Fan Page : sujantotedjadotcom

1 comment:

Theme images by chuwy. Powered by Blogger.